Tuesday, June 18, 2024
HomeBudayaNasi Balap: Sensasi Pedas Gurih Kuliner Khas Mataram yang Menggugah Selera

Nasi Balap: Sensasi Pedas Gurih Kuliner Khas Mataram yang Menggugah Selera

Lombok, Nusa Tenggara Barat, tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga kekayaan kulinernya yang menggoda selera. Salah satu hidangan ikonik yang wajib dicoba saat berkunjung ke Lombok adalah Nasi Balap Khas Mataram. Sajian nasi ini menawarkan perpaduan rasa pedas, gurih, dan segar yang dijamin membuatmu ketagihan.

Sejarah dan Keunikan Nasi Balap

Nasi Balap, yang juga dikenal dengan nama Nasi Balap Puyung, berasal dari Dusun Lingkung Daye, Desa Puyung, Lombok Tengah. Konon, nama “Nasi Balap” muncul karena para penjual nasi ini dulu berlomba-lomba dengan sepeda untuk menjajakan dagangannya kepada para pekerja yang hendak berangkat ke sawah.

Keunikan Nasi Balap terletak pada penyajiannya yang sederhana namun kaya rasa. Nasi putih hangat dipadukan dengan suwiran ayam goreng pedas, telur rebus, serundeng, dan sambal khas Lombok yang pedas dan gurih. Tak lupa, pelengkap seperti kacang goreng dan irisan mentimun menambah tekstur dan kesegaran pada hidangan ini.

Cita Rasa yang Menggugah Selera

Suwiran ayam goreng yang pedas dan gurih menjadi bintang utama dalam Nasi Balap. Bumbunya yang meresap sempurna ke dalam daging ayam menghasilkan rasa yang kaya dan tak terlupakan. Ditambah dengan telur rebus yang lembut dan serundeng yang gurih, setiap suapan Nasi Balap menghadirkan sensasi rasa yang kompleks dan memuaskan.

Sambal khas Lombok yang pedas dan gurih menjadi kunci kelezatan Nasi Balap. Racikan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi menghasilkan sambal yang pedasnya nendang namun tetap gurih dan kaya rasa. Sensasi pedas dan gurih sambal ini berpadu sempurna dengan rasa ayam goreng, telur rebus, dan serundeng, menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Baca artikel lainnya : Manfaat 5G: Kecepatan dan Konektivitas Tanpa Batas

Rekomendasi Nasi Balap Khas Mataram

Nasi Balap mudah ditemukan di berbagai tempat di Mataram, mulai dari warung kaki lima hingga restoran ternama. Beberapa tempat populer untuk menikmati Nasi Balap di Mataram antara lain:

  1. Nasi Balap Puyung Warung Bu Man
  2. Nasi Balap Bu Nur
  3. Nasi Balap Bulak
  4. Nasi Balap 99
  5. Nasi Balap Dapur Mami

Saat menyantap Nasi Balap, jangan lupa untuk menyeruput teh atau kopi panas untuk menyeimbangkan rasa pedas dan gurihnya. Nasi Balap tak hanya mengenyangkan, tetapi juga membangkitkan semangat dan energi untuk melanjutkan aktivitas.

Nasi Balap adalah hidangan wajib coba bagi pecinta kuliner pedas dan gurih. Perpaduan rasa yang kompleks, penyajian yang sederhana, dan kemudahan untuk menemukannya di Mataram menjadikan Nasi Balap sebagai pengalaman kuliner yang tak terlupakan saat berkunjung ke Lombok.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments