Tuesday, June 18, 2024
HomeNews5 Rahasia Jitu Menjaga Keamanan Data di Handphone Anda

5 Rahasia Jitu Menjaga Keamanan Data di Handphone Anda

Di era digital ini, handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Berbagai data pribadi dan informasi penting tersimpan di dalamnya, seperti foto, kontak, pesan, dan data keuangan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keamanan data di handphone Anda agar terhindar dari risiko pencurian atau penyalahgunaan.

Berikut 5 rahasia jitu yang bisa Anda terapkan untuk menjaga keamanan data di handphone Anda.

Gunakan PIN atau Password yang Kuat

Langkah pertama adalah menggunakan PIN atau password yang kuat untuk mengunci handphone Anda. Hindari menggunakan tanggal lahir, nama, atau nomor telepon yang mudah ditebak. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang tidak mudah ditebak. Dengan seperti itu, maka keamanan data kita akan terjaga.

Aktifkan Fitur Keamanan Tambahan

Banyak handphone yang dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti sidik jari, wajah, atau iris mata. Gunakan fitur-fitur ini untuk meningkatkan keamanan data pada handphone Anda.

Instal Antivirus dan Anti-Malware

Pastikan Anda menginstal antivirus dan anti-malware di handphone Anda. Antivirus dapat membantu Anda mendeteksi dan menghapus virus, malware, dan spyware yang dapat membahayakan data Anda.

Berhati-hati saat Mengunduh Aplikasi

Hanya unduh aplikasi dari sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store atau App Store. Hindari mengunduh aplikasi dari situs web atau sumber yang tidak dikenal. Pastikan Anda membaca ulasan dan izin aplikasi sebelum mengunduhnya. Hal tersebut untuk menjaga keamanan data handphone anda.

Hindari Klik Tautan Sembarangan

Jangan klik tautan yang mencurigakan atau tidak dikenal yang Anda terima melalui SMS, email, atau chat. Tautan tersebut dapat mengarahkan Anda ke situs web berbahaya yang dapat mencuri data Anda.

Menjaga keamanan data di handphone merupakan hal yang sangat penting di era digital ini. Dengan menerapkan 5 rahasia jitu yang telah dibagikan di atas, Anda dapat membantu melindungi data pribadi Anda dari risiko pencurian atau penyalahgunaan.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id

Baca Juga: Manfaat AI dalam Pendidikan: Transformasi Pembelajaran Masa Depan

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments