Wednesday, June 19, 2024
HomeNewsMenjelajahi Pesona Budaya dan Wisata Mataram: Ibukota Nusa Tenggara Barat yang Memesona

Menjelajahi Pesona Budaya dan Wisata Mataram: Ibukota Nusa Tenggara Barat yang Memesona

Mataram, ibukota Nusa Tenggara Barat, menyimpan kekayaan budaya dan wisata yang menarik untuk dijelajahi. Kota ini menawarkan perpaduan budaya yang unik, mulai dari Hindu, Islam, hingga Sumbawa. Mataram juga terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, seperti Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, dan Taman Narmada.

Sejarah dan Budaya Mataram

Mataram memiliki sejarah panjang dan kaya yang dimulai sejak abad ke-14. Kota ini pernah menjadi pusat kerajaan Hindu-Buddha yang besar, yaitu Kerajaan Mataram Islam. Sisa-sisa kejayaan kerajaan ini masih dapat dilihat di beberapa situs bersejarah, seperti Pura Lingsar dan Istana Rembiga.

Mataram juga memiliki budaya yang beragam, dengan tradisi dan adat istiadat yang masih dilestarikan hingga saat ini. Salah satu tradisi yang terkenal adalah Bau Nyale, yaitu ritual menangkap cacing laut yang dilakukan setiap tahun pada bulan purnama Februari atau Maret.

Destinasi Wisata Mataram

Mataram terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi di Lombok, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Mataram. Pendaki dari seluruh dunia datang ke sini untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan dan tantangan pendakian yang seru.

Pantai Senggigi adalah pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk berenang, berjemur, dan melakukan berbagai aktivitas air lainnya.

Taman Narmada adalah taman air yang indah dengan kolam renang, air terjun, dan pura. Taman ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati ketenangan alam.

Baca Juga artikel lainnya: Destinasi Wisata yang Istragammable 2024

Kuliner Mataram

Mataram memiliki kuliner yang beragam dan lezat. Salah satu hidangan khas Mataram yang paling terkenal adalah Plecing Kangkung, yaitu kangkung yang dicampur dengan sambal terasi dan kacang tanah. Hidangan lain yang patut dicoba adalah Ayam Taliwang, ayam pedas yang dimasak dengan bumbu khas Lombok.

Tips Berwisata di Mataram

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Mataram adalah pada musim kemarau, yaitu dari bulan April hingga Oktober.
  • Mataram memiliki dua bandara, yaitu Bandara Internasional Lombok Praya dan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.
  • Ada berbagai pilihan akomodasi di Mataram, mulai dari hotel budget hingga resort mewah.
  • Mataram memiliki banyak tempat wisata kuliner yang menyajikan hidangan khas Lombok.
  • Sebelum mengunjungi Mataram, ada baiknya mempelajari beberapa budaya dan tradisi setempat.

Mataram adalah kota yang menarik untuk dikunjungi dengan banyak hal yang ditawarkan kepada wisatawan. Dengan keindahan alamnya yang memukau, budaya yang kaya, dan kuliner yang lezat, Mataram adalah destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id dan Selamat berbelanja!

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments