Monday, June 17, 2024
HomeNewsOtomotifLampu Utama Putih atau Kuning? Mana yang Aman?

Lampu Utama Putih atau Kuning? Mana yang Aman?

Lampu utama berfungsi sebagai penerangan saat perjalanan di malam hari. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan lampu utama pada mobil maupun motor tidak hanya berwarna kuning saja. Kini, ada juga yang menggunakan lampu utama berwarna putih yang terkesan lebih modern dan fungsional.

Perdebatan Warna Lampu Utama

Hal ini banyak menjadi perdebatan: warna lampu mana yang lebih baik dan aman dari sisi keselamatan, putih atau kuning? Andry Berlianto, selaku Praktisi Safety Riding dan Safety Driving Indonesia, mengatakan bahwa dari sisi keselamatan, lampu utama warna kuning atau putih memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Kuning lebih nyaman diterima mata pengendara lain. Saat hujan atau berkabut, warna kuning bisa lebih menembus situasi tersebut,” ujar Andry kepada GridOto.com.

Keunggulan dan Kekurangan Lampu Kuning

  • Kelebihan:
    • Lebih nyaman diterima mata pengendara lain.
    • Lebih efektif saat hujan atau berkabut.
  • Kekurangan:
    • Mungkin kurang terang dibanding lampu putih dalam kondisi normal.

Keunggulan dan Kekurangan Lampu Putih

Sedangkan Andry menilai, jika mengacu pada perkembangan teknologi terkini, menggunakan lampu utama warna putih membuat visibilitas pengemudi lebih baik di berbagai kondisi.

“Dalam berbagai kondisi secara umum warna putih lebih baik ketimbang kuning muda,” ucap Andry. Namun, penggunaan lampu utama warna putih bisa berdampak negatif jika asal memodifikasi kendaraan, karena berisiko menyilaukan pengendara lain dari arah berlawanan.

Saran dan Regulasi

Untuk itu, Andry menyarankan meskipun tujuan untuk menjaga visibilitas selama perjalanan, pemilik kendaraan tidak boleh asal mengganti warna lampu.

“Saran saya tetap pada kondisi yang sudah ada saja yaitu standar pabrikan tanpa perlu memodifikasi lagi, karena tentunya pabrikan punya hitung-hitungan sendiri jauh lebih baik dari hitung-hitungan kita,” pungkasnya.

Selain itu, warna lampu kendaraan sebenarnya juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Pasal 23 poin A dan B dijelaskan lampu utama dekat dan jauh berwarna putih dan kuning muda.

Kesimpulan

Memilih antara lampu utama putih atau kuning bergantung pada preferensi dan kebutuhan berkendara. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting adalah memastikan modifikasi dilakukan dengan benar dan mematuhi regulasi yang berlaku untuk menjaga keselamatan di jalan.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi, lifestyle, otomotif, dan lain-lain?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id

Baca juga Cara Atasi Oli Gardan Motor Tercampur Air

Author MRDN

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments