Monday, June 17, 2024
HomeNewsDaging Tetap Awet dan Segar Saat Idul Adha 2024, Ini Caranya!

Daging Tetap Awet dan Segar Saat Idul Adha 2024, Ini Caranya!

Sebentar lagi, hari raya Idul Adha 2024 akan segera tiba. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah cara menyimpan daging kurban dengan benar agar tetap awet dan segar. Daging kurban yang didapat saat Idul Adha tak bisa langsung dimasak sekaligus. Lantas, bagaimana tips menyimpan daging kurban dengan benar?

Dilansir dari Kompas.com, berikut merupakan tips menyimpan daging agar tetap awet dan segar:

1. Jangan Dicuci

Disarankan agar daging tak usah dicuci sebelum dimasak. Hal ini berlaku baik untuk daging sapi maupun kambing. Mencuci daging justru akan menambah jumlah kandungan air, sehingga daging lebih mudah mengalami freezer burn.

2. Potong dan Simpan dalam Ukuran Kecil

Sebelum disimpan, alangkah baiknya memotong daging kurban menjadi ukuran yang lebih kecil. Selanjutnya, daging sebaiknya dibungkus dengan plastik agar tidak kering.

3. Masukkan ke dalam Kulkas

Daging yang tidak ingin dimasak saat itu juga sebaiknya disimpan dalam kulkas. Daging mentah jangan dibiarkan di suhu ruang terlalu lama, karena hal ini bisa menyebabkan daging cepat rusak.

4. Simpan di Freezer

Agar daging kurban tetap awet dan tahan lama, sebaiknya simpan dalam freezer dengan suhu -12 derajat Celcius. Suhu dingin ini akan membantu menjaga kualitas dan kesegaran daging.

Tips Menghindari Kolesterol Saat Mengonsumsi Daging

Selain cara menyimpan, jika daging sudah dimasak, alangkah baiknya untuk tetap memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari kolesterol akibat konsumsi yang berlebihan. Dilansir dari Tribun Jogja, kamu perlu menerapkan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Berikut beberapa tipsnya:

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah:Sayur dan buah dapat membantu menyeimbangkan asupan gizi dan mengurangi risiko kolesterol tinggi.
  • Olahraga Secara Teratur:Disarankan untuk berolahraga secara teratur selama 30-60 menit setiap hari.
  • Hindari Makan Berlebihan:Mengontrol porsi makan dapat membantu menghindari lonjakan berat badan dan kolesterol.

Dengan menerapkan tips menyimpan daging kurban ini, Anda dapat menjaga daging kurban tetap awet dan segar, serta menjaga kesehatan selama perayaan Idul Adha.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi, lifestyle, otomotif, dan lain-lain?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id

Baca juga Minum Air Kelapa Setiap Hari? Aman, Tapi Perhatikan Hal Ini

Author MRDN

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments