Wednesday, June 19, 2024
HomeBudayaWarisan Nusantara: Alat Musik Tradisional NTB yang Memukau

Warisan Nusantara: Alat Musik Tradisional NTB yang Memukau

Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, budaya yang kaya, dan keramahan penduduknya. Salah satu kekayaan budaya NTB yang patut dilestarikan adalah alat musik tradisionalnya. Alat musik tradisional NTB memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat. Berikut beberapa alat musik khas NTB yang memukau:

1. Gendang Beleq

Gendang Beleq merupakan alat musik perkusi yang terbuat dari kayu berongga dan dilapisi kulit sapi. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam berbagai upacara adat dan pertunjukan musik tradisional. Gendang Beleq memiliki suara yang besar dan menggelegar, sehingga mampu membangkitkan semangat dan kemeriahan suasana.

2.Serunai

Serunai adalah alat musik tiup yang terbuat dari kayu atau bambu. Alat musik ini memiliki suara yang melengking dan merdu, sering digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian tradisional. Serunai dimainkan dengan cara ditiup pada lubang-lubang di bagian tubuhnya, dan menghasilkan melodi yang indah dan memukau.

3. Genggong

Genggong adalah alat musik khas NTB yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti suling dan dimainkan dengan cara ditiup pada lubang-lubang di bagian tubuhnya. Genggong menghasilkan suara yang nyaring dan melengking, sering digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian tradisional.

4.Satong Srek

Satong Srek adalah alat musik yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti rebana dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Satong Srek menghasilkan suara yang ritmis dan merdu, sering digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian tradisional.

5.Pareret

Pareret adalah alat musik khas NTB terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti angklung dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Pareret menghasilkan suara yang ritmis dan merdu, sering digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian tradisional.

6.Palompong

Palompong adalah alat musik asli NTB yang terbuat dari kayu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti gamelan dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Palompong menghasilkan suara yang kompleks dan merdu, sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan wayang dan tari tradisional.

7.Rindik

Rindik adalah alat musik dari NTB yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti gendang kecil dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Rindik menghasilkan suara yang ritmis dan merdu, sering digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian tradisional.

Upaya Pelestarian Alat Musik Tradisional NTB

Melestarikan alat musik asli dari NTB merupakan tanggung jawab bersama. Upaya pelestarian dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Mempelajari dan memainkan alat musik asli NTB dengan baik.
  • Mengadakan pertunjukan dan workshop.
  • Mengajarkan alat musik khas NTB kepada generasi muda.
  • Mendukung industri kreatif yang memproduksi alat musik adat dari NTB.

Dengan upaya pelestarian yang berkelanjutan, alat musik tradisional NTB akan terus lestari dan menjadi bagian dari kekayaan budaya bangsa.

Ingin mengetahui kekayaan budaya lain di NTB? Mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id

Baca juga artikel lain seputar budaya NTB disini!

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments