Wednesday, June 19, 2024
HomeNewsSustainable Fashion VS Fast Fashion: Manakah yang Lebih Baik?

Sustainable Fashion VS Fast Fashion: Manakah yang Lebih Baik?

Industri fashion telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir, menghadirkan berbagai pilihan dari fast fashion dan sustainable fashion. Namun, di balik gemerlapnya dunia fashion, terdapat isu penting yang perlu diperhatikan: dampak lingkungan dan sosial dari industri fashion.

Fast Fashion: Kecepatan vs. Dampak Negatif

Fast fashion merupakan model bisnis yang memproduksi pakaian dengan cepat dan murah, memungkinkan konsumen untuk mengikuti tren terbaru dengan harga terjangkau. Namun, model ini memiliki konsekuensi lingkungan dan sosial yang signifikan.

  • Pencemaran lingkungan: Produksi fast fashion menghasilkan limbah tekstil yang mencemari lingkungan.
  • Eksploitasi pekerja: Pekerja di industri fast fashion sering kali bekerja dengan upah rendah dan jam kerja yang panjang dalam kondisi yang tidak aman.

Sustainable Fashion: Pilihan yang Lebih Ramah Lingkungan dan Sosial

Sustainable fashion, atau fashion berkelanjutan, merupakan alternatif yang lebih ramah lingkungan dan sosial. Model ini berfokus pada produksi pakaian yang berkelanjutan, adil, dan bertanggung jawab.

  • Bahan ramah lingkungan: Sustainable fashion menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, seperti bahan organik dan daur ulang.
  • Praktik produksi yang etis: Sustainable fashion memastikan pekerja mendapatkan upah yang layak, jam kerja yang wajar, dan kondisi kerja yang aman.
  • Memperpanjang usia pakaian: Sustainable fashion mendorong konsumen untuk merawat dan memperpanjang usia pakaian mereka.

Manakah yang Terbaik?

Memilih antara fast fashion dan sustainable fashion bukanlah tentang menolak tren terbaru. Ini tentang memilih cara berpakaian yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Kelebihan Fashion Berkelanjutan:

  • Lebih ramah lingkungan: Mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.
  • Lebih adil dan etis: Mendukung kondisi kerja yang layak dan upah yang adil bagi pekerja.
  • Lebih berkelanjutan: Memperpanjang usia pakaian dan mengurangi konsumsi tekstil baru.

Memilih Sustainable Fashion: Langkah Awal Menuju Masa Depan yang Lebih Baik

Meskipun fashion berkelanjutan mungkin memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan fast fashion, manfaatnya bagi lingkungan dan sosial jauh lebih besar. Dengan memilih sustainable fashion, Anda dapat berkontribusi dalam membangun industri fashion yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan. Produksi fesyen berkelanjutan juga berfokus pada pengurangan limbah dan penggunaan energi yang efisien. Proses produksi yang lebih bersih dan teknologi canggih membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak lingkungan lainnya. Beberapa merek bahkan menggunakan energi terbarukan dalam produksi mereka untuk mengurangi jejak karbon mereka. Selain dampak lingkungan, fesyen berkelanjutan juga menempatkan perhatian besar pada kondisi kerja dan upah yang layak bagi para pekerja.

Jangan lupa untuk daftarkan orang tersayang anda untuk bergabung bersama Universitas Mataram di unram.ac.id

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments