Wednesday, June 19, 2024
HomeNewsPesona Arsitektur Masjid Mataram: Jejak Sejarah Islam di Lombok

Pesona Arsitektur Masjid Mataram: Jejak Sejarah Islam di Lombok

Di tengah gempita modernisasi, Lombok menyimpan pesona sejarah yang tak ternilai. Salah satu peninggalannya adalah masjid-masjid tua yang berdiri kokoh sebagai saksi bisu perjalanan Islam di pulau ini. Masjid Tua Mataram, dengan arsitekturnya yang unik dan kaya akan nilai sejarah islam, menjadi destinasi wisata religi yang menarik bagi para pecinta sejarah dan budaya.

Menelusuri Jejak Sejarah Islam di Lombok

Masjid Tua Mataram, yang juga dikenal sebagai Masjid At-Taqwa Kampung Arab, merupakan salah satu masjid tertua di Lombok. Dibangun pada abad ke-17, masjid ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di Lombok dan memainkan peran penting dalam perkembangan budaya dan agama di daerah ini.

Arsitektur yang Menawan

Masjid Tua Mataram memiliki ciri khas arsitektur tradisional Lombok dengan atap yang terbuat dari alang-alang dan dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Bentuk bangunan masjid ini menyerupai rumah adat Sasak, yaitu rumah berlantai dua dengan tangga di bagian depan.

Jejak Sejarah Islam yang Terukir

Masjid Tua Mataram dibangun oleh para pendatang Arab yang datang ke Lombok pada abad ke-17. Masjid ini menjadi pusat penyebaran agama Islam di Lombok dan memainkan peran penting dalam perkembangan budaya dan agama di daerah ini.

Baca Juga artikel lainnya: Destinasi Wisata yang Istragammable 2024

Destinasi Wisata yang Menarik

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Tua Mataram juga menjadi destinasi wisata religi yang menarik. Pengunjung dapat melihat arsitektur masjid yang unik, mempelajari sejarah Islam di Lombok, dan merasakan atmosfer spiritual yang damai.

Masjid Bersejarah Lainnya di Mataram

Selain Masjid Tua Mataram, masih ada beberapa masjid bersejarah lainnya di Mataram yang patut dikunjungi, seperti:

  • Masjid Nurul Islam: Masjid bersejarah yang dibangun pada abad ke-18 dengan arsitektur yang mirip dengan Masjid Tua Mataram.
  • Masjid Kuno Bengak: Masjid kuno yang dibangun oleh Datu Batur pada abad ke-16.
  • Masjid Tua Belek: Masjid bersejarah yang terletak di Desa Belek, Sekarbela.

Mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id dan Selamat berbelanja!

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments