Wednesday, June 19, 2024
HomeNewsOtomotifPerlukah Motor Injeksi Dipanaskan? Ini Jawabannya

Perlukah Motor Injeksi Dipanaskan? Ini Jawabannya

Banyak orang yang masih bertanya-tanya apakah motor injeksi perlu dipanaskan sebelum digunakan. Ada yang beranggapan bahwa semua jenis motor, termasuk yang berteknologi injeksi, harus dipanaskan terlebih dahulu.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa teknologi yang berkembang saat ini memungkinkan motor siap digunakan kapan saja tanpa perlu dipanaskan.

Lalu, apa jawaban yang tepat?

Agus Dimas, Staf Departemen Edukasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memberikan penjelasannya.

Memanaskan Motor Injeksi Diperbolehkan, Tapi Tak Perlu Lama

“Motor saat ini sebenarnya diperbolehkan dipanaskan di pagi hari atau sebelum digunakan,” ujar Agus Dimas. Tujuannya adalah agar oli mesin bisa melumasi mesin secara maksimal sebelum motor digunakan.

Menurut Agus, saat motor sudah tidak digunakan lama, oli mesinnya akan turun ke penampungan atau bak crankcase. “Contohnya, kalau motor sudah tidak digunakan dari jam 5 sore sampai pagi hari, berarti sudah 12 jam tidak digunakan,” jelas Agus. “Oli mesin sudah turun semua ke bak oli mesin,” tambahnya.

Oleh karena itu, Agus menyarankan mesin motor perlu dipanaskan terlebih dahulu agar oli mesin sudah bersirkulasi sebelum motor digunakan.

Kesimpulannya, motor injeksi boleh dipanaskan sebelum digunakan, tapi tidak perlu lama-lama. Cukup 1 sampai 5 menit untuk membantu oli bersirkulasi ke seluruh bagian mesin sebelum digunakan.

  • Jika motor sudah sering digunakan, tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Perhatikan suara mesin saat dipanaskan.
  • Jika terdengar suara kasar, segera matikan mesin dan periksa oli mesin.
  • Jangan memanaskan motor di tempat tertutup atau di ruangan dengan ventilasi yang buruk.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi, lifestyle, otomotif, dan lain-lain?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id

Baca juga Penjelasan Ilmiah Kenapa Aroma Durian Menyengat?

Author MRDN

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments