Wednesday, June 19, 2024
HomeNewsPenjelasan Ilmiah Kenapa Aroma Durian Menyengat?

Penjelasan Ilmiah Kenapa Aroma Durian Menyengat?

Durian, buah tropis dengan kulit berduri tajam dan aroma menyengat, telah lama dijuluki sebagai “King of Fruit” atau raja dari segala buah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di balik aromanya yang khas dan bagi sebagian orang tidak sedap, durian menyimpan banyak manfaat dan fakta menarik.

Aroma Menyengat dari Senyawa Sulfur

Para ilmuwan di Singapura mengidentifikasi gen yang bertanggung jawab atas aroma durian yang menyengat. Senyawa aroma ini, yang disebut senyawa sulfur atau belerang, mudah menguap dan menjadi sangat aktif saat buah matang. Kondisi ini menghasilkan aroma kuat yang tidak biasa, perpaduan antara aroma belerang seperti bawang dengan aroma buah yang manis dan bumbu kuah yang gurih.

Durian memiliki empat salinan gen yang bertanggung jawab atas produksi senyawa sulfur ini, jauh lebih banyak dibandingkan tanaman lain. Hal ini menjelaskan mengapa aroma durian jauh lebih kuat dan bagi sebagian orang tidak sedap.

Manfaat Aroma Menyengat Durian

Meskipun aromanya menyengat, aroma durian bermanfaat bagi kelangsungan hidup buah di alam liar. Aroma tersebut menarik hewan-hewan untuk memakan buahnya dan membantu menyebarkan bijinya.

Fakta Menarik tentang Durian

  • Durian memiliki sekitar 46.000 gen, hampir dua kali lipat jumlah genom manusia.
  • Evolusi durian telah ditelusuri sejak 65 juta tahun yang lalu dan memiliki hubungan purba dengan pohon kakao.
  • Durian bukan hanya disukai di Indonesia, tetapi juga di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura.

Lebih dari Sekedar Aroma

Durian memang memiliki aroma yang unik dan kuat, namun di balik aromanya tersebut terdapat banyak manfaat dan fakta menarik. Bagi pecinta durian, aromanya adalah bagian dari kenikmatan menyantap buah ini. Bagi yang belum terbiasa, aroma durian mungkin terasa asing dan tidak menyenangkan. Namun, dengan memahami asal-usul dan manfaatnya, mungkin Anda akan lebih terbuka untuk mencoba buah istimewa ini. Durian, si raja buah dengan aromanya yang khas, menawarkan perpaduan rasa dan manfaat yang tak terlupakan.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi, lifestyle, otomotif, dan lain-lain?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id

Baca juga Minum Air Kelapa Setiap Hari? Aman, Tapi Perhatikan Hal Ini

Author MRDN

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments