Tuesday, June 18, 2024
HomeNewsE-Wallet dan Bank Digital: Berikut Tips Jaga Keamanannya

E-Wallet dan Bank Digital: Berikut Tips Jaga Keamanannya

Di era seperti ini, kemudahan bertransaksi menggunakan e-wallet dan bank digital sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Namun, di balik kemudahannya, selalu ada risiko keamanan yang mengintai. Penipuan dan peretasan marak terjadi, membuat data pribadi dan keuangan terancam.

Tips jitu Menjaga Keamanan E-Wallet dan Bank Digital

1. Pilih Platform Terpercaya

Langkah pertama adalah memilih platform yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan platform tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lakukan riset terlebih dahulu dan baca ulasan dari pengguna lain sebelum memutuskan.

2. Buat Password Kuat dan Unik

Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun Anda. Hindari menggunakan tanggal lahir, nama, atau informasi pribadi lainnya yang mudah ditebak. Kombinasikan huruf besar, kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang lebih aman.

3. Aktifkan Fitur Keamanan Tambahan

Manfaatkan fitur keamanan tambahan yang tersedia di platform e-wallet dan bank digital, seperti PIN, sidik jari, atau pengenalan wajah. Fitur ini akan menambah lapisan keamanan dan mempersulit penjahat untuk mengakses akun Anda.

4. Jaga Kerahasiaan Data Pribadi

Jangan pernah membagikan informasi pribadi Anda, seperti OTP (One Time Password), PIN, atau data perbankan, kepada siapapun, termasuk melalui email, SMS, atau telepon. Hati-hati terhadap modus penipuan yang meminta data pribadi Anda.

5. Berhati-hati saat Melakukan Transaksi

Selalu periksa kembali detail transaksi sebelum mengkonfirmasi. Pastikan Anda yakin dengan penerima dan jumlah yang akan ditransfer. Hindari melakukan transaksi di jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman.

Baca Juga Artikel Lainnya: Apa Itu Blockchain? Penjelasan Sederhana untuk Pemula

6. Pantau Aktivitas Akun Anda

Lakukan pengecekan rutin terhadap aktivitas akun Anda. Perhatikan setiap transaksi yang tidak Anda lakukan dan segera laporkan kepada pihak platform jika ada kejanggalan.

7. Update Aplikasi Secara Berkala

Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi. Versi terbaru biasanya dilengkapi dengan update keamanan untuk mengatasi celah yang mungkin dimanfaatkan oleh penjahat.

8. Laporkan Kejadian Mencurigakan

Jika Anda mencurigai adanya aktivitas mencurigakan di akun Anda, segera laporkan kepada pihak platform e-wallet atau bank digital. Semakin cepat Anda melapor, semakin cepat pula tindakan yang dapat diambil untuk mencegah kerugian lebih besar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan keamanan e-wallet dan bank digital Anda serta terhindar dari risiko penipuan peretasan. Ingatlah, kewaspadaan dan kehati-hatian Anda adalah kunci utama untuk melindungi uang dan data pribadi Anda.

Tips Bonus

  • Gunakan perangkat lunak antivirus dan anti-malware yang terpercaya untuk melindungi perangkat Anda dari serangan siber.
  • Hindari mengklik tautan atau membuka lampiran email yang mencurigakan.
  • Jangan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi.

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat bertransaksi secara digital dengan aman dan nyaman.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments