Wednesday, June 19, 2024
HomeNewsTips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru di UNRAM

Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru di UNRAM

Menjadi mahasiswa baru di Universitas Mataram (UNRAM) adalah pengalaman yang penuh tantangan dan kegembiraan. Untuk membantu Anda menavigasi masa-masa awal ini dengan baik, berikut adalah beberapa Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru yang bisa Anda terapkan:

Kenali Kampus Anda

Sebagai mahasiswa baru, penting untuk mengenal lingkungan kampus UNRAM. Jelajahi fakultas, perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas lainnya. Menghadiri orientasi kampus atau open house bisa sangat membantu untuk memahami lokasi dan fungsi dari setiap gedung di kampus.

Aktif di Organisasi dan Kegiatan Kampus

Bergabung dengan organisasi mahasiswa, klub, atau kegiatan ekstrakurikuler adalah cara yang bagus untuk bertemu teman baru dan mengembangkan keterampilan baru. UNRAM memiliki berbagai organisasi yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, mulai dari organisasi akademik hingga olahraga dan seni.

Atur Waktu dengan Baik

Manajemen waktu adalah kunci sukses di perguruan tinggi. Buatlah jadwal harian atau mingguan untuk mengatur waktu belajar, berorganisasi, dan beristirahat. Gunakan aplikasi kalender atau planner untuk membantu Anda tetap terorganisir dan tidak melewatkan deadline penting.

Jalin Hubungan dengan Dosen dan Staf

Membangun hubungan baik dengan dosen dan staf akademik bisa sangat bermanfaat. Jangan ragu untuk bertanya atau meminta bantuan jika Anda mengalami kesulitan dalam mata kuliah. Dosen dan staf akademik di UNRAM umumnya sangat terbuka untuk membantu mahasiswa.

Manfaatkan Fasilitas Perpustakaan

Perpustakaan UNRAM adalah sumber daya yang sangat berharga. Manfaatkan fasilitas ini untuk mencari referensi, belajar, atau mengerjakan tugas. Perpustakaan juga sering mengadakan workshop atau pelatihan yang bisa membantu meningkatkan keterampilan akademik Anda.

Kelola Keuangan dengan Bijak

Sebagai mahasiswa, penting untuk mengelola keuangan dengan bijak. Buat anggaran bulanan untuk memantau pengeluaran dan pemasukan. Cari tahu tentang beasiswa yang ditawarkan oleh UNRAM atau lembaga lainnya untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk menunjang aktivitas akademik. Pastikan Anda makan makanan sehat, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur. Jangan ragu untuk mencari bantuan jika Anda merasa stres atau kewalahan, baik melalui layanan konseling kampus atau dukungan dari teman dan keluarga.

Eksplorasi Kota Mataram

Selain belajar, manfaatkan waktu luang Anda untuk mengeksplorasi keindahan kota Mataram. Kunjungi tempat wisata lokal, cicipi kuliner khas Lombok, dan kenali budaya serta tradisi setempat. Ini akan memperkaya pengalaman Anda sebagai mahasiswa di UNRAM.

Dengan mengikuti Tips Sukses Menjadi Mahasiswa Baru di atas, Anda bisa menjalani masa-masa awal sebagai mahasiswa baru di UNRAM dengan lebih lancar dan sukses. Selamat menempuh pendidikan tinggi dan semoga sukses dalam perjalanan akademik Anda!

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments