Wednesday, June 19, 2024
HomeTechnologySensasi Garam Tanpa Garam Berlebih: Inovasi Sendok Elektrik dari Jepang

Sensasi Garam Tanpa Garam Berlebih: Inovasi Sendok Elektrik dari Jepang

Di tengah kekhawatiran global akan konsumsi garam berlebih, sebuah perusahaan di Jepang menghadirkan solusi inovatif: sendok elektrik. Sendok ini bukan sembarang sendok, melainkan sendok yang mampu meningkatkan rasa asin pada makanan dengan menggunakan arus listrik lemah, sehingga memungkinkan penggunanya mengurangi konsumsi garam hingga sepertiga tanpa mengorbankan rasa.

Inovasi ini diciptakan oleh Kirin Holdings, perusahaan minuman raksasa Jepang, bekerja sama dengan Profesor Homesi Miyasitha dari Meiji University. Sendok yang diberi nama “Taste the Salt” ini menggunakan teknologi yang disebut Electro Gustatory Stimulation. Teknologi ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik lemah ke lidah pengguna saat mereka makan, sehingga meningkatkan sensitivitas terhadap rasa asin.

Menurut Profesor Miyasitha, “Ketika Anda makan makanan rendah garam, sebagian dari natrium itu bersentuhan dengan lidah Anda, tetapi tidak semuanya. Jadi, kami menggunakan arus listrik untuk menarik natrium itu ke lidah.”

Manfaat Sendok Elektrik “Taste the Salt”

Sendok elektrik ini menawarkan beberapa manfaat, antara lain:

  • Membantu mengurangi konsumsi garam: Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit lainnya. Sendok ini membantu mengurangi konsumsi garam tanpa mengubah rasa makanan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  • Meningkatkan rasa makanan: Sendok ini dapat meningkatkan rasa asin pada makanan, sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati makanan dengan lebih sedikit garam.
  • Membantu mengubah kebiasaan makan: Sendok ini dapat membantu orang untuk mengubah kebiasaan makan mereka dengan mengurangi konsumsi garam secara bertahap.

Baca juga artikel lainnya: 7 Platform Freelance Terpopuler untuk Meningkatkan Karir Anda

Peluncuran dan Ketersediaan

Sendok elektrik “Taste the Salt” diluncurkan di Jepang pada 20 Mei 2024. Sendok ini dijual online dengan harga 19.800 yen (sekitar Rp2 juta) dan tersedia di toko ritel Jepang secara terbatas. Kirin menargetkan 1 juta pengguna global dalam lima tahun.

Tantangan dan Prospek Masa Depan

Salah satu tantangan dalam memasarkan sendok ini adalah mengubah kebiasaan makan masyarakat yang sudah terbiasa dengan makanan asin. Selain itu, harga sendok ini tergolong mahal, sehingga mungkin tidak terjangkau oleh semua orang.

Namun, prospek masa depan sendok elektrik ini cukup cerah. Teknologi ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan global akibat konsumsi garam berlebih. Selain itu, sendok ini juga dapat menjadi solusi bagi orang yang ingin mengurangi konsumsi garam tanpa mengorbankan rasa makanan.

Sendok elektrik “Taste the Salt” merupakan inovasi yang menjanjikan untuk membantu mengurangi konsumsi garam dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Meskipun masih terdapat beberapa tantangan, sendok ini memiliki potensi untuk menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi masalah kesehatan global akibat konsumsi garam berlebih.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di pmb.unram.ac.id

Penulis: Elia Elisa

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments