Tuesday, June 18, 2024
HomeNewsPerbedaan SIM C dan SIM C1, Wajib Bagi Pengendara Motor!

Perbedaan SIM C dan SIM C1, Wajib Bagi Pengendara Motor!

Perbedaan SIM C dan SIM C1 — Sejak 27 Mei 2024, para pengendara motor di Indonesia perlu memerhatikan aturan baru terkait klasifikasi SIM C. Kini, SIM C dibagi menjadi dua golongan, yaitu SIM C untuk motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc dan SIM C1 untuk motor dengan kapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc.

Bagi pecinta motor gede (moge) dengan performa tangguh, SIM C1 menjadi kunci untuk mengendalikan tunggangan kesayangan mereka. Namun, untuk mendapatkan SIM C1, beberapa syarat tambahan perlu dipenuhi.

Teknis Mendapatkan SIM C1

Perbedaan SIM C dan SIM C1 Pertama, pengendara harus memiliki SIM C terlebih dahulu dan minimal sudah berlaku selama 1 tahun. Usia minimal untuk mendapatkan SIM C1 juga ditentukan, yaitu 18 tahun. Syarat lain yang tak kalah penting adalah surat keterangan sehat yang menyatakan kondisi fisik prima untuk mengemudikan moge.

Ujian untuk mendapatkan SIM C1 pun tak jauh berbeda dengan SIM C, meliputi ujian teori dan praktik. Namun, untuk SIM C1, terdapat tambahan ujian praktik khusus mengemudi truk gandeng. Hal ini bertujuan untuk memastikan pengendara memiliki kemampuan dan keahlian yang memadai untuk mengendalikan kendaraan dengan bobot dan dimensi yang lebih besar.

Biaya pembuatan SIM C dan SIM C1 umumnya mengikuti peraturan daerah setempat, dengan kisaran yang tidak jauh berbeda.

Memiliki SIM C1 membuka berbagai peluang, seperti bekerja di bidang transportasi dan logistik, meningkatkan penghasilan, dan mempermudah mobilitas dengan kendaraan roda dua bertenaga besar.

Tips Mendapatkan Sim C1

  • Pelajari materi ujian teori dengan seksama untuk bekal menghadapi soal-soal yang akan diujikan.
  • Berlatihlah mengemudi moge secara rutin untuk meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri saat ujian praktik.
  • Datanglah ke Satpas SIM pada pagi hari untuk menghindari antrean panjang.
  • Siapkan semua dokumen yang diperlukan, termasuk SIM C, surat keterangan sehat, dan bukti pembayaran biaya pendaftaran.

Memahami perbedaan SIM C dan SIM C1 sangatlah penting bagi setiap pengendara motor. Pastikan Anda memiliki SIM yang sesuai dengan jenis kendaraan yang dikendarai untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Kesimpulan:

Memahami perbedaan SIM C dan SIM C1 sangat penting bagi pengendara motor. Pastikan Anda memiliki SIM yang sesuai dengan jenis kendaraan yang dikendarai untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id

Baca juga 5 Game yang Harus kamu mainkan setidaknya sekali seumur hidup

Author MRDN

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments