Tuesday, June 18, 2024
HomeNewsMenjelajahi Surga Kuliner Khas di Nusa Tenggara Barat

Menjelajahi Surga Kuliner Khas di Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat (NTB) tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga kekayaan kulinernya yang menggoda selera. Perpaduan budaya dan tradisi menghasilkan berbagai kuliner khas yang unik dan lezat, siap memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Mari kita telusuri kuliner khas NTB dengan menjelajahi beberapa makanan khas yang menggoda selera dan yang wajib dicoba.

1. Plecing Kangkung: Makanan Khas yang Pedas dan Nagih

Plecing kangkung, juara makanan sederhana yang melegenda. Hidangan sederhana ini terbuat dari kangkung rebus yang disiram dengan bumbu pedas manis dan kacang tanah goreng. Rasanya yang segar dan gurih menjadikannya favorit banyak orang.

2. Sate Tanjung: Kuliner Lombok dengan Sensasi Asap Batubara

Sate tanjung, kuliner khas Lombok yang wajib dicoba. Kuliner ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang empuk dan kaya akan rasa. Sate ini berbalur bumbu rempah rahasia, dan dipanggang dengan batubara. Asap khas pembakaran inilah yang membuat sate tanjung memiliki aroma dan cita rasa yang tak terlupakan.

3. Ayam Taliwang: Makanan Khas dengan Sensasi Rasa Pedas Manis

Bagi pecinta pedas, ayam taliwang adalah jawabannya! Ayam yang diungkep dengan bumbu khas Lombok berbahan dasar cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan rempah lainnya, menghasilkan rasa pedas yang menggelegar dan manis yang menyeimbangkan. Tekstur daging ayam yang empuk membuat Anda tak rela berhenti menyantapnya.

Baca artikel lainnya disini: Menjelajahi Keindahan Alam Tersembunyi di Mataram: Dari Gunung Rinjani Hingga Pantai Senggigi

4. Kue Putu Bambu: Makanan Tradisional yang Nikmat

Kue putu bambu, jajanan tradisional namun rasanya luar biasa. Dibuat dari tepung beras dan santan, lalu dimasak dalam bambu secara tradisional. Kue putu bambu memiliki aroma khas bambu yang menggugah selera, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Cocok untuk teman minum teh di sore hari atau sebagai oleh-oleh khas NTB.

5. Bebalung: Makanan Khas NTB untuk Kesehatan

Bebalung, sup tradisional NTB yang menghangatkan jiwa. Sumsum tulang sapi atau kambing yang direbus dengan bumbu rempah dan santan menghasilkan kuah gurih kaya kalsium. Sepiring bebalung sempurna untuk menghangatkan tubuh di kala cuaca dingin atau setelah seharian beraktivitas.

Kuliner NTB adalah petualangan rasa yang tak terlupakan. Dengan menjelajahi hidangan khasnya, Anda akan merasakan kekayaan budaya dan tradisi NTB yang unik.

Ayo, rencanakan perjalanan kuliner Anda ke NTB dan rasakan sendiri kelezatan hidangan khasnya dengan menjadi salah satu bagian dari warga NTB dengan menimba ilmu di salah satu kampus terbaik di NTB yaitu Universitas Mataram. Kunjungi web Universitas Mataram di link berikut ini.

Penulis: ZKY

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments