Tuesday, June 18, 2024
HomeNewsCVT Motor Matic Gredek? Salah Gemuk Bisa Jadi Penyebabnya!

CVT Motor Matic Gredek? Salah Gemuk Bisa Jadi Penyebabnya!

Suara gredek pada CVT motor matic kerap menjadi momok bagi para penggunanya. Biasanya, masalah ini dikaitkan dengan komponen utama CVT seperti mangkok kampas ganda yang kotor atau roller yang sudah peyang. Namun, tahukah Anda bahwa hal sepele seperti pemilihan gemuk CVT yang salah juga bisa menjadi penyebabnya?

Gemuk CVT, atau grease, berfungsi melumasi komponen-komponen di dalam CVT agar bergerak dengan halus dan mengurangi gesekan. Namun, penggunaan gemuk yang tidak tepat justru bisa menimbulkan masalah.

Dampak Gemuk CVT yang Lumer:

Mengotori Komponen CVT

Gemuk yang tidak sesuai spesifikasi atau kualitas rendah cenderung lebih mudah lumer. Hal ini menyebabkan gemuk tersebut berceceran dan mengotori komponen penting di dalam CVT seperti roller dan kampas ganda.

Komponen CVT Slip

Kontaminasi gemuk pada permukaan roller dan kampas ganda dapat membuat kedua komponen ini menjadi licin. Akibatnya, terjadi slip atau selip, di mana putaran mesin tidak bisa diteruskan secara optimal ke roda belakang, sehingga muncul suara gredek dan getaran pada motor matic.

Pentingnya Memilih Gemuk CVT yang Tepat:

Untuk menghindari masalah gredek akibat gemuk yang salah, berikut beberapa tips dalam memilih gemuk CVT:

Sesuai Spesifikasi Motor Matic

Gunakan gemuk khusus CVT yang memang direkomendasikan untuk jenis dan spesifikasi motor matic Anda. Gemuk ini diformulasikan khusus untuk menahan tekanan dan suhu tinggi di dalam CVT.

Tingkat Kekentalan

Pilih gemuk dengan tingkat kekentalan yang sesuai. Gemuk yang terlalu encer akan mudah lumer, sedangkan gemuk yang terlalu kental akan sulit melumasi komponen secara optimal. Pertimbangkan juga faktor cuaca dan medan yang sering dilalui motor matic Anda.

Kualitas Gemuk

Jangan tergiur dengan harga murah. Pastikan Anda memilih gemuk CVT yang memiliki kualitas dan labelisasi yang jelas. Gemuk berkualitas tinggi akan lebih awet dan mampu melindungi komponen CVT dari keausan.

Konsultasi dengan Bengkel Resmi

Jika ragu-ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Mereka dapat memberikan rekomendasi gemuk CVT yang tepat untuk motor matic Anda.

Selain memilih gemuk yang tepat, perawatan rutin CVT juga penting dilakukan. Pemeriksaan dan pembersihan CVT secara berkala dapat mencegah penumpukan kotoran dan menjaga performa CVT tetap optimal. Dengan demikian, Anda terhindar dari suara gredek yang mengganggu dan memastikan keamanan serta kenyamanan berkendara.

Dengan mengetahui bahaya gemuk CVT yang salah dan menerapkan tips pemilihan yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan CVT motor matic Anda dan membuatnya bebas dari suara gredek yang menyebalkan.

Ingin mengetahui informasi lain seputar inovasi, budaya, dan teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id

Baca juga 5 Game yang Harus kamu mainkan setidaknya sekali seumur hidup

Author MRDN

News Unram
News Unram
hacked by anons79
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments