CONTOH PROGRAM KERJA KKN DI MASA PANDEMI!

0
200
CONTOH PROGRAM KERJA KKN DI MASA PANDEMI
CONTOH PROGRAM KERJA KKN DI MASA PANDEMI

Pandemi covid-19 yang tengah menimpa seluruh belahan dunia tak hanya mempengaruhi sektor ekonomi dan pariwisata saja, namun juga memberikan imbas nyata kepada dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi yang dimana ilmu serta prakteknya sangat membutuhkan ruang tatap muka secara langsung. Bukan hanya perkuliahan yang diselenggarakan secara daring, namun kegiatan KKN pun harus mengalami perubahan sistem dalam kerjanya. uso prolongado de ivermectina

Meskipun begitu, dalam situasi saat ini tetap mengharuskan para mahasiswa untuk terus beajar dan beradaptasi dengan kondisi saat ini. Tak lupa, program kerja yang diangkat juga harus sesuai dengan kebutuhan dan keperluan masyarakat di masa pandemi. Berikut ini ada beberapa saran program kerja yang sesuai dan bisa kamu terapkan di proker KKN kamu!

1. SOSIALISASI COVID-19

Program kerja yang dapat dilakukan salah satunya adalah sosialisasi virus corona atau pengenalan dasar seperti apa covid-19. Tak dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang buta dengan keberadaan dan bersikap tak acuh terhadap virus ini. Informasi yang tak karuan maupun minimnya akses informasi membuat warga hanya sedikit sekali memahami informasi terkait corona ini. تحميل لعبة كونكر بوكر

Dok. KKN Unram Desa Kr. Bajo Lombok Utara

Mahasiswa dapat mengambil kegiatan ini sebagai contoh proker KKN di masa pandemi, yaitu dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang keberadaan virus ini. Peserta KKN dapat melaksanakan penyuluhan tentang bahaya dari virus corona, update informasi sebaran virus corona, dan juga aturan-aturan pemerintah serta web resmi pemerintah terkait informasi covid.

Para mahasiswa yang melakukan KKN bisa memanfaatkan media sosial sebagai media informasi seperti Instagram atau Facebook untuk mengunggah video pendek, lalu membagikannya kepada warga. merck mectizan case Selain itu, penyuluhan secara online pun dapat dilakukan dengan menggunakan media Zoom atau Google Meet juga dapat menjadi alternatif.

2. MENCIPTAKAN EKONOMI KREATIF DIGITAL DAN KEWIRAUSAHAAN BAGI WARGA SEKITAR

Tentunya masa pandemi merupakan situasi yang berat bagi banyak orang karna beberapa diantara mereka mengalami permasalahan ekonomi yang serius. Pada masa seperti ini, ekonomi kreatif berbasis digital sangatlah diperlukan dan berpengaruh besar terhadap masyarakat yang dapat berguna untuk menghidupkan kembali perekonomian mereka yang sempat mati akibat pandemi ini.

Dok. KKN Unram Desa Lepak Timur

Bentuk ekonomi kreatif berbasis digital bisa diterapkan dengan salah satu contoh seperti mempromosikan dan memperkenalkan lebih jauh kepada seluruh penjuru nusantara bahkan dunia mengenai produk barang atau jasa yang ditawarkan melalui kekuatan sosial media dan internet. Hal ini dapat terus dilakukan dengan jangka waktu yang sangat lama dan berkelanjutan dikarenakan melihat zaman era 5. ivermectin for cattle 0 dimana seluruh kegiatan manusia akan berubah menuju digitalisasi sangatlah bermanfaat bagi kedepannya kelak.

3. BIMBINGAN BELAJAR DARING

Tak hanya perguruan tinggi saja yang mengalami dampak pandemi ini, para siswa pun ikut merasakan dan belajar yang awalnya dari sekolah menjadi di rumah. Hal ini tidak serta-merta membuat siswa menjadi semangat belajar. Faktanya, banyak siswa yang tidak bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru secara daring. Apalagi, jika ada materi yang harus dipelajari dan dipahami sendiri, juga tugas-tugas yang harus diselesaikan.

Dok. KKN Unram Panjisari

Terkait dengan hal ini, kalian para mahasiswa KKN dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan menawarkan bimbingan belajar secara offline dengan kapasitas yang diperkirakan 10-12 siswa saja, walaupun memulai dari lingkup kapasitas yang kecil akibat dari pembatasan sosial, Kegiatan belajar mengajar ini juga tetap dapat dilakukan secara sedikit demi sedikit. Mahasiswa KKN dapat membantu siswa untuk memberikan penjelasan pada materi-materi pelajaran sekolah, tugas, atau  bimbingan persiapan ujian.

4. BELAJAR MENGAJI ONLINE

Program selanjutnya selain dari kegiatan belajar di sekolah, kegiatan belajar mengaji pun dapat menjadi satu masukan untuk program kerja kalian yang dilakukan sekaligus dengan program menghafal Al-Qur’an atau hadist. Anak-anak bisa menyetorkan hafalannya melalui voice note aplikasi Whatsapp, atau secara offline seperti kegiatan belajar mengajar di point nomor 3 dan untuk selanjutnya mendapat review dari mahasiswa yang membimbing.

Dok. KKN Unram Desa Pesanggarahan

Program mengaji online ini tentu akan mengarahkan anak-anak kepada kegiatan yang positif dan bermanfaat. Karna seringkali anak-anak terlihat kehilangan semangat belajarnya diakibatkan oleh pembelajaran online ini, dan seringkali menghabiskan waktunya untuk bermain game dan lain-lain. avis sur viagra generique Selain itu, anak-anak juga dapat tetap mendapatkan pengarahan untuk selalu produktif selama berada di rumah, yaitu dengan menghafal Al-Qur’an atau hadist. lewandowski روبرت ليفاندوفسكي

Usahakan program kerja yang kalian ciptakan masih berhubungan untuk mengembangkan Ekonomi dan Pendidikan di situasi pandemi saat ini ya! هازارد 2024 Karna dua sektor tersebut lah yang sangat mengalami dampak yang serius akibat Covid-19 ini. Tetap semangat dan tetap produktif ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here