TIPS CARA MENGHINDARI PLAGIARISME!

0
434
TIPS CARA MENGHINDARI PLAGIARISME/PLAGIAT
TIPS CARA MENGHINDARI PLAGIARISME/PLAGIAT

Saat kita ingin mengerjakan atau menulis sesuatu tentunya kita dituntut untuk mengerjakan secara original alias tulisan tersebut murni dari buatan diri sendiri. العاب ربح المال Namun tak jarang seseorang memanfaatkan cara yang cepat agar tulisan yang dikerjakan bisa cepat selesai dengan mengcopy-paste pekerjaan orang lain tanpa mencantumkan sumber yang jelas atau disebut dengan tindakan plagiat/plagiarisme.

Namun dalam menghindari plagiarisme tentu sangat susah karna kita terkadang tidak sadar apakah tulisan yang kita buat sudah sesuai dan terhindar dari plagiarisme atau tidak. Maka dari itu ada beberapa tips nih dalam menghindari plagiarisme sebagai berikut! Yuk disimak

1. Kenali Konteks

Dalam sebuah tulisan yang ingin kamu buat, pasti terdapat suatu topik yang ingin kamu bahas, bukan? Nah sebelum kamu memulai untuk menulis, cobalah untuk memahami dan mengenali terlebih dahulu topik atau konteks pembahasan seperti apa yang ingin kamu tulis. Kamu bisa mencari referensi terkait topik tersebut dan mulailah untuk memahami konteks secara keseluruhan.

2. Parafrase

Jika sudah memahami dan mengenali konteks dari topik tersebut, selanjutnya kamu dapat mulai mengerjakan tulisan tersebut dengan menggunakan parafrase, dimana kalian harus menggunakan dan menyusun kalimat sendiri yang berasal dari sumber asli dengan tetap memberikan keterangan dari mana informasi tersebut kalian dapatkan. Gunakan kalimat dan kata-kata sendiri tanpa meninggalkan makna asli dari sumber yang kalian ambil.

3. Cantumkan Daftar Pustaka

Kalian pasti udah ga asing lagi dong sama yang namanya Daftar Pustaka? Yups, daftar pustaka merupakan suatu data yang berisi sumber-sumber berita atau informasi yang kalian gunakan dalam membantu pekerjaan atau tulisan yang sedang kalian buat. origine viagra Sumber-sumber tersebut wajib dan harus banget untuk kamu masukkan kedalam daftar pustaka yang berguna agar informasi atau data yang kalian tulis tidak kalian lupakan dari mana berasalnya. how to use pour on ivermectin on dogs

https://img2.pngdownload.id

4. Latihan

Menulis atau membuat karya tulis hasil diri sendiri memang tidaklah mudah, selain membutuhkan kemampuan berfikir yang luas, kita juga perlu memiliki kemampuan dalam memnciptakan kalimat dan kata-kata sendiri agar terbebas dari plagiarisme, Hal ini dapat kita hindari dengan cara sering berlatih atau sering melakukan praktek menulis sendiri secara terus menerus. Hal ini berguna untuk mengasah kemampuan kita, dan juga memperbanyak kosa kata yang kita miliki sehingga pemikiran dan wawasan kita untuk menulis semakin terbuka lebar dan semakin banyak lagi. how often can i give my dog ivermectin              

5. Cek melalui Aplikasi

Jika tulisan yang kamu buat sudah selesai, maka kamu perlu memastikan kembali apakah tulisan yang kamu buat sudah terhindar dari plagiat atau belum. Hal ini bisa kamu pastikan dengan menggunakan aplikasi seperti Turnitin, DupliChecker, Paper Rater dan masih banyak lagi. Setelah kalian menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, kalian dapat mengetahui tulisan tersebut termasuk kedalam plagiarisme atau tidak. السلوتس Jika termasuk plagiarisme, kamu bisa mengulang kembali dengan memperbaiki tulisan kamu dengan ke-empat cara diatas.

Yups, itu dia 5 tips cara menghindari plagiarisme yang harus kamu terapkan mulai dari sekarang untuk menunjang karya tulisan kamu. ivermectin dosage humans scabies ترتيب بوكر Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here