Yamaha NMAX Turbo hadir dengan pembaruan fitur yang cukup canggih di kelasnya. Kehadiran teknologi baru ini bertujuan untuk meningkatkan performa skutik bongsor ini.
Fitur-Fitur Canggih pada Yamaha NMAX Turbo
Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan adalah Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring). Fungsinya untuk memudahkan pengendara untuk menyesuaikan performa motor sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan.
Selain Riding Mode, NMAX Turbo juga dilengkapi dengan fitur YECVT yang dapat dioperasikan melalui Y-Shift di setang sebelah kiri. Fitur Turbo ini memiliki tiga tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3). Tingkatan ini sangat cocok digunakan saat ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, atau saat berkendara tandem. Y-Shift tidak hanya berguna saat akselerasi, tetapi juga dapat digunakan untuk deselerasi ketika menghadapi jalan menurun dan saat masuk tikungan.
Performa Mesin yang Ditingkatkan
Ada peningkatan torsi sekitar 0,3 Nm. Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, tenaga maksimal NMAX Turbo sebesar 11,3 kW (15.1 Tk) pada 8.000 rpm. Torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Model sebelumnya, memiliki tenaga 11,3 kW pada 8.000 rpm. Untuk torsi maksimalnya 13,9 Nm pada 6.500 rpm.
Mesin NMAX Turbo masih menggunakan mesin berpendingin cairan 4 Tak SOHC VVA dengan ukuran diameter x langkah (58 mm x 58,7 mm), dan volume ruang silinder 155,09 cc.
Perbandingan kompresi juga masih sama, yaitu 11,6:1. Meski profil mesin tidak mengalami perubahan yang berarti, peningkatan torsi ini membuat NMAX Turbo lebih unggul dalam hal performa dibandingkan model sebelumnya.
Ingin mengetahui tips and trik lainnya seputar teknologi?, mari bergabung bersama keluarga besar Universitas Mataram dengan cara daftar sekarang di unram.ac.id
Baca juga Perbedaan SIM C dan SIM C1, Wajib Bagi Pengendara Motor!
Author MRDN